}

6.16.2011

Seri Belajar Anak

Salam sejahtera semua, kali ini saya coba mengangkat topik tentang pembelajaran fokus tentang anak, ya tidak semua bisa diangkat (wah saya ga bisa ga bangun-bangun karena keberatan, maaf becanda).Dalam tulisan PERTAMA ini saya coba mengangkat tentang MINAT, BAKAT dan CITA-CITA. Pasti anak-anak kita semua memiliki itu semua.Minat dan bakat seseorang dapat muncul sejak kecil, dibutuhkan pengamatan yang cermat dari orang tua untuk mengenalinya sedini mungkin.

Minat adalah: kecenderungan hati yg tinggi terhadap sesuatu; gairah; keinginan, sedangkan bakat adalah dasar (kepandaian, sifat, dan pembawaan) yg dibawa sejak lahir sebagai anugerah dari Tuhan. Minat ditentukan oleh faktor di luar anak, seperti dukungan orang tua, guru dan apresiasi lingkungan yang lebih luas, sedangkan bakat merupakan potensi yang sudah ada, tetapi masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus.Tanpa minat, maka bakat akan berhenti di tengah jalan sebelum berkembang optimal, Sebaliknya, minat tanpa bakat, anak akan mencapai keinginannya, tetapi harus dengan kerja keras. Bakat yang didukung dengan minat yang disertai kerja keras tentu akan jauh lebih baik.

Bagaimana kita bisa mengetahui minat anak kita? Mudah sekali mengenalinya, hanya dengan mengamati dengan cermat hal-hal berikut:
1. Apakah anak kita tertarik untuk melakukannya secara alami?
2. Apakah anak kita lebih cepat mempelajari dan dapat melakukannya dengan lebih baik? 
3. Apakah anak kita terlihat konsentrasi, puas bila melakukannya, merasa senang, tidak ada beban dan tidak cepat bosan (tapi ini tidak ada kaitannya dia suka main game,atau sangat senang sekali berlama-lama nonton TV, karena semua anak pasti senang, yang dewasa aja suka, betul ga sob?, Tapi siapa tahu dia jadi proggamer atau produser film atau reporter TV, ya perlu penelusuran khusus  dan lebih dalam hal ini),
4. Apakah anak kita menunjukkan nilai akademik tertentu yang bagus?

Dari sejak usia dini, anak-anak kita perlu diperkenalkan kepada berbagai profesi, agar bisa explore dan menemukan kesukaan yang akan mengarah ke bakat/minatnya, walaupun bisa berubah-ubah pada rentang usia anak-anak. Mungkin sebagian sob pembaca sudah melihat beberapa anak rentang usia 2 tahun sudah bisa menendang dan mengolah si kulit bundar / bola, satu anak dalam video tersebut bisa menendangnya masuk ke box dari jarak tertentu (bisa dilihat videonya di bawah artikel ini), anak yang ybs diberitakan  bahkan sudah dikontrak oleh suatu klub sepakbola di satu negara (Belanda?) karena kekaguman atas bakatnya kepada anak tersebut. Memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain hebat di ms depan. Ga sabar ya mau lihat klip videonya? Ya sudah kalau begitu saya sambung lagi tulisannya dipostingan berikutnya. Yo, kita lihat videonya bagi yang belum pernah lihat:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya. Sudi kiranya berkomentar lagi di posting saya berikutnya” – Salam > Bersediabelajar.

Daftar isi

Daftar Isi