}

3.21.2012

Spirit of Excellent


A
da pernyataan dari Sang Bijak yang mengatakan:"Sebab, kalau susu ditekan, mentega dihasilkan, dan kalau hidung ditekan, darah keluar,..." (Amsal 30:33), begitu pula dengan manusia, ketika jalan hidupnya biasa-biasa saja, tenang tanpa ada "badai" / tekanan, tidak terlihat sesungguhnya "kekuatan" seseorang. Tekanan hidup, apapun bentuk atau ekspresinya, adalah tes yang valid untuk mengetahui kekuatan seseorang. apakah Anda memiliki roh yang kuat? Memiliki roh yang luar biasa (Spirit of Excellent)? Bagaimana caranya?
Arti kata Excellent dalam kamus bahasa Inggris dan Indonesia dapat diartikan:
Excellence = the quality of being excellent…
Excellent = superior, very good of its kind, eminently good…

Excellent:. ulung, baik sekali, unggul.

Menjadi pribadi yang unggul / luar biasa adalah harapan banyak orang, mungkin sama dengan keinginan memiliki tubuh yang bagus, ideal, semua tentunya mau, dan hal itu tentunya memerlukan proses yang cukup. Memiliki pribadi yang unggul tidak begitu saja terjadi dalam waktu sehari. Tetapi sayangnya banyak orang tidak menginginkan / menjalani prosesnya. Harvard Bussiness School dalam risetnya tentang pencapaian kesuksesan, menyimpulkan:

  • Hanya 3 %  dari masyarakat yang mencapai kesuksesan besar.
  • 14 %  berhasil meraih sukses hanya saja tidak tercatat.
  • 83  %  sama sekali tidak menghasilkan kesuksesan.
Siapakah yang 3% masyarakat yang mencapai kesuksesan besar? Jika kita dapat kesempatan mewancarai mereka, pastilah akan ditemukan, mereka itu adalah kelompok orang yang memiliki "Spirit of Excellent", mereka yang memiliki roh yang luar biasa / pribadi yang unggul. Dalam Alkitab Perjanjian Lama yang sering dimunculkan sebagai contoh pribadi yang memiliki roh yang luar biasa adalah Daniel, ini ayat referensinya:
Daniel 6:2-4
2 Lalu berkenanlah Darius mengangkat seratus dua puluh wakil-wakil raja atas kerajaannya; mereka akan ditempatkan di seluruh kerajaan;
3 membawahi mereka diangkat pula tiga pejabat tinggi, dan Daniel adalah salah satu dari ketiga orang itu; kepada merekalah para wakil-wakil raja harus memberi pertanggungan jawab, supaya raja jangan dirugikan.
4 Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.

Untuk melihat contoh pada masa sekarang, banyak sekali yang dapat direferensikan. Untuk konteks Indonesia, bersedia belajar mengambil satu contoh dari sekian banyak contoh yaitu pada tokoh yang hari-hari ini (khususnya di daerah Jakarta) sedang hangat dibicarakan dalam konteks politik pada pemilihan umum kepala daerah khusus Jakarta yang akan berlangsung bulan Juli 2012 nanti, siapa dia? Ya, namanya Ir. Basuki Tjahya Purnama yang sering dipanggil Ahok. Siapa Basuki Tjahya Purnama (Ahok) mungkin sebagian orang tidak mengenalnya, tetapi tidak dengan orang-orang Bangka-Belitung (khususnya Belitung Timur dimana ia telah menjabat sebagai Bupati selama 2 periode yang sebagian besar masyarakatnya menghargai dan mencintainya), untuk melihat lengkap uraiannya silahkan lihat / klik pada postingan judul ini: Tokoh Yang Berani. Ini sebagian gambaran tentang kiprah hidupnya:


Di tahun 2006, Ahok dinobatkan oleh Majalah TEMPO sebagai salah satu dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Di tahun 2007 ia dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari penyelenggara negara oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terdiri dari KADIN, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Masyarakat Transparansi Indonesia. Melihat kiprahnya, kita bisa mengatakan bahwa berpolitik ala Ahok adalah berpolitik atas dasar nilai pelayanan, ketulusan, kejujuran, dan pengorbanan; bukan politik instan yang sarat pencitraan.

Meski keturunan Tionghoa, namun hal itu tak menyurutkan Basuki Tjahya Purnama atau Ahok untuk mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta.


Menurut pengakuannya pada acara diskusi pada salah satu stasiun TV nasional Selasa 20 Maret 2012, jika seandainya ia tidak dicurangi pada pemilihan kepala daerah Bangka belitung beberapa waktu yang lalu, dan jika tidak ada orang-orang tertentu yang menggerakan massa dengan maksud untuk menghancurkan dengan maksud menghalangi / mencegah meraih kursi kepala daerah Bangka-belitung / Gubernur, sebenarnya ia sekarang sudah dan sedang menjabat sebagai gubernur Bangka-Belitung. Dari kelompok minoritas (keturunan Tionghoa dan beragama Kristen), tetapi tidak menyurutkan nyalinya untuk menembus / menentang "mainstream" (pola yang telah dibentuk dalam masyarakat bahwa kaum minoritas terpinggirkan). Ini satu contoh yang real.

Bagaimana kita dapat memiliki roh yang luar biasa itu / Spirit of Excellent? Contohlah kehidupan Daniel. Ia melakukan hal-hal seperti ini:
  • Menetapkan hatinya untuk tubuhnya tidak dinajiskan dengan makanan yang tidak sesuai dengan pola hidup Kerajaan ---> Daniel 1:8
  • Hidupnya Mengandalkan Tuhan --->Daniel 2:17-19
  •  Ia memiliki Kesetiaan ---> Daniel 6:5
  •  Ia selalu bergaul akrab dengan Tuhan melalui doa  ---> Daniel 6:11
Percayalah jika dari semenjak dini kita melatih hidup dengan pola-pola seperti kehidupan Daniel, maka "spirit of excellent" akan muncul dalam kehidupan kita


Salam,
Sukses Selalu

Bersedia Belajar


4 komentar:

Karena Setiap yang Bernyawa Pasti Mati, Maka Jangan Tunda Shalat mengatakan...

Yuhuuuuuuuuuuu... Pertama X.... Gimana kabar, bung????

whawan darmawan mengatakan...

wah...manteb nih sob...menginspirasi saya jadinya,,hehehe

bersediabelajar mengatakan...

Terimakasih sob atas kunjungan n komentnya, sukses selalu ....

Lucia mengatakan...

Hello, my friend! I like meet your blog!Hugs

Posting Komentar

“Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya. Sudi kiranya berkomentar lagi di posting saya berikutnya” – Salam > Bersediabelajar.

Daftar isi

Daftar Isi