}

6.13.2011

Tips dalam Pekerjaan

Dalam banyak hal, adakalanya pekerjaan yang kita jalani menyenangkan, menguntungkan tetapi tidak banyak juga yang melelahkan, membosankan dan lebih banyak merugikan (hmmmm pekerjaan apa ya?), untuk itu di bawah ini ada beberapa tips dalam menjalani pekerjaan kita, yo kita simak bersama:

  • YANG SALAH: Menyerahkan kesulitan Anda kepada atasan."Pak saya dapat kesulitan untuk memasarkan produk ini atau proyek ini ke perusahaan XYZ, menurut bapak apa yang yang saya harus lakukan?
  • YANG BENAR: komunikasikan kesulitan Anda dengan membawa beberapa alternatif solusi yang sudah Anda pikirkan, lalu diskusikan dengan atasan. "Pak untuk mengatasi kesulitan saya dalam proyek ini lebih baik pakai cara A, B, atau C. Menurut saya lebih baik kita pakai cara ini B, bagaimana menurut bapak?"
    •  YANG SALAH: ini bukan tugas saya, jadi saya tidak mau melakukannya.
    • YANG BENAR: Walaupun ini bukan tugas saya, saya tetap harus lakukan karena selain saya harus taat, juga untuk mengembangkan keterampilan saya dan selain itu juga saya harus berdayaguna untuk perusahaan di mana saya bekerja.
    • YANG SALAH: Malas melatih dan memotivasi bawahan untuk mampu melakukan tugasnya dengan baik banyak orang memiliki pola pikir, kalau saya latih anak buah saya dan kemudian hari ia jadi pintar, maka karir saya akan terancam. 
    • YANG BENAR: Dengan melatih anak buah saya sampai mahir melakukan tugas-tugasnya, maka tugas saya akan lebih ringan dan kualitas kepemimpinan saya makin bertumbuh
    • YANG SALAH: menggunakan otoritas atau wewenang untuk  keuntungan pribadi. Contohnya selalu minta dilayani bukannya melayani, selalu memerintah tanpa memberikan keteladan hidup."Kamu harus melakukan ini, kamu harus melakukan itu...kamu harus datang tidak terlambat, dst" Tetapi ia sendiri sering datang terlambat.
    • YANG BENAR: Otoritas / wewenang yang diberikan kepada kita adalalah anugerah Tuhan yang semestinya digunakan semata bukan untuk melayani diri kita, melainkan melayani orang-orang yang ada dalam tanggung jawab kita, bukan hanya untuk memerintah (karena memang ini salah satu tugas pemimpin) melainkan lebih banyak menjadi contoh teladan bagi bawahan kita.
    • YANG SALAH: menggunakan waktu kerja kita untuk hal-hal pribadi. Banyak karyawan menggunakan waktu kerja untuk hal-hal pribadi, seperti telepon pribadi yang cukup lama untuk membicarakan hal-hal pribadi, prospek produk, bergosip dsb. 
    • YANG BENAR: Kita menyadari waktu kita dari jam kerja sudah dibeli oleh perusahaan, jadi saya akan mempergunakan sesuai dengan waktu pekerjaan, sekalipun ada waktu yang digunakan (tentunya sepengetahuan atasan kita), melulu untuk pengembangan diri yang lebih maksimal untuk keuntungan perusahaan tempat kita bekerja.
    • YANG SALAH: saya pimpinan dapat dengan mudah mengubah atau menyesuaikan peraturan yang hanya untuk menguntungkan perusahaan, sekalipun itu merugikan orang lain/karyawan di bawah tanggung jawab saya.
    • YANG BENAR: perjanjian atau kesepakatan yang dibuat tidak boleh diubah kecuali atas kesepakatan yang membuat perjanjian, kesepakatan dibuat untuk menguntungkan keduabelah pihak. Hal ini semestinya yang perlu diingat: Yang kita tabur pasti kita tuai, jika kita menabur yang baik maka kita akan menuai yang baik juga, menabur yang jahat, bersiaplah akan menuai yang jahat juga! Semua berpulang dari perspektif kita, bagaimana kita memandang pekerjaan kita tersebut.                                                                                                                                                                                                   

    1 komentar:

    Oktri darmadi mengatakan...

    pertamax...!!!
    memang semua pekerjaan melelahakan , tetapi tho dengan kita berkerja ad timbal balik .ehhhe

    Posting Komentar

    “Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya. Sudi kiranya berkomentar lagi di posting saya berikutnya” – Salam > Bersediabelajar.

    Daftar isi

    Daftar Isi