}

9.16.2011

Memahami Kinerja Otak Kanan atau Kiri

Mana Yang Paling Dominan: Otak Kanan atau Kiri?

Dengan mengetahui dan mempelajari fungsi otak kanan atau kiri pada proses pembelajaran, akan sangat membantu baik untuk kita sendiri sebagai orang tua / pendidik khususnya bagi anak-anak yang Tuhan sudah percayakan kepada kita, untuk mengarahkan anak-anak kita pada panggilan hidup mereka sesuai apa yang sudah Tuhan rancangkan untuk hidup mereka. Pertanyaan yang mendasari judul postingan bersedia belajar kali ini adalah:"Bagaimana cara kerja atau fungsi dari otak kanan atau kiri tersebut? Mana yang lebih dominan?"
Baiklah sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara kerja / fungsi otak kanan atau kiri dan bagaimana bisa memaksimalkan atau mengoptimalkan kinerja dari keduanya, siapkan alat tulis Anda (hmmm seperti mau ulangan saja...). Mari kita bereksperimen dengan alat-alat tes di bawah ini:

Alat tes yang sederhana bisa dengan kita memperhatikan atau  melihat meja kerjanya (nah lho kalau belum bekerja bagaimana ya...hihihi tunggu sampai dia kerja, wah bisa kelamaan apalagi kalau masih kecil...tapi tenang bisa dites dengan cara tes otak yang sudah disediakan di bawah), yaitu apabila Anda (anak Anda) sering atau dominan menggunakan otak kanan, ciri meja kerjanya cenderung berantakan. Sebab, mereka yang lebih banyak menggunakan otak kanan, proses berpikirnya paralel, sedangkan pengguna otak kiri cara berpikirnya serial, walaupun demikian biasanya mengetahui dengan pasti di mana letak barang-barang yang dicari serta apa yang saat itu sedang dikerjakan. Dan biasanya untuk yang dominan otak kiri ciri mejanya lebih rapi, teratur atau tertata dengan baik.

Ok, sekarang kita lanjutkan dengan tes berikutnya, sudah siap?
Tes Otak Anda:
Tes 1 : Warna
Petunjuk Tes:
* Sebutkan atau ucapkan WARNA dari tulisan dalam gambar di bawah ini
Photobucket

Tes 2 : Gambar Bergerak
Petunjuk:
* Anda melihat wanita ini berputar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam?
Photobucket
Tes 3: Gerak Melipat Tangan
Lakukan gerakan yang pertama (1)lipat kedua belah tangan Anda (seperti mau berdoa) lalu perhatikan jempol Anda yang Kiri atau kanan yang berada di atas, lalu yang ke dua (2) lipat tangan Anda di depan dada menyilang, perhatikan tangan mana yang berada di atas (sebagai ilustrasi, coba lihat contoh gambar di bawah)
Gambar 1
Photobucket
Gambar 2
Photobucket

Sekarang kita akan melihat kinerja otak mana yang lebih dominan, mari kita cek jawabannya di bawah ini:





Untuk Tes Warna:
Mana Yang paling sering Anda Lakukan: mengucapkan warna atau tulisannya?

* Ciri kinerja OTAK KANAN berusaha mengucapkan warnanya
Ciri kinerja OTAK KIRI akan berusaha membaca tulisan/kata-katanya

Untuk Tes Gambar Bergerak:
* Jika Anda menjawab gambar bergerak tersebut ke arah sesuai jarum jam berputar, maka Anda lebih banyak menggunakan Otak Kanan
Jika jawaban Anda sebaliknya, Anda lebih banyak menggunakan Otak Kiri

Untuk Tes Melipat Tangan:
Nah, apabila pada gambar 1 Anda melakukannya:

Jempol Kiri di atas jempol kanan --> otak kanan

Jika jempol kanan di atas jempol kiri --> Otak Kiri

dan pada gambar ke dua, Anda melakukan:

Lengan tangan kanan berada di atas lengan tangan kiri Anda, maka Anda pengguna otak kiri
Lengan tangan kiri berada di atas lengan tangan kanan Anda, maka Anda pengguna otak kanan


Untuk memahami fungsi otak kanan dan kiri  ada yang menguraikannya sebagai berikut:

Otak kanan — KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal
Otak kiri – ANALITIK — Bahasa verbal, Matematika, Logika, Angka2, Urutan2, Penilaian, Analisis, Linier

Untuk menyimak lebih lanjut /secara detail fungsi otak kanan / kiri , coba perhatikan / simak artikel yang bersedia belajar kutip:




dari http://www.buzzle.com/, Senin (7/6/2010):
berikut fungsi masing-masing belahan otak:
Otak Kiri
Otak kiri dicirikan dengan karakteristik yang berhubungan dengan kemampuan analisis, logis, urutan, objektif dan rasional. Dengan karakterisitik ini, orang yang dominan menggunakan otak kiri cenderung memiliki pendekatan rasional terhadap kehidupan.Orang yang dominan otak kiri akan lebih tertarik dengan angka, kata-kata atau simbol. Dengan cara berpikirnya yang logis dan rasional, individu dengan dominansi otak kiri cenderung melakukan kemampuan analisa yang baik. Misalnya dalam bidang teknik atau akutansi. Orang dengan dominasi otak kiri berpengalaman dalam perencanaan., dan orang ini jarang melakukan persiapan di saat-saat terakhir.
Otak Kanan
Di sisi lain, karakteristik yang terkait dengan otak kanan adalah intuitif, acak, subjektif, holistik (secara menyeluruh) dan sintesis. Dengan karakteristik ini, orang yang dominan dengan otak kanan cenderung lebih kreatif ketimbang orang yang dominan otak kiri.Kenyataan bahwa orang dengan dominansi otak kanan lebih cenderung menyukai aspek visual, sehingga orang-orang tersebut jarang menanggapi masalah secara rinci.
Individu dengan dominansi otak kanan cenderung lebih kreatif dan intuitif, baik di bidang seni yang kreatif, maupun di bidang-bidang lainnya. Individu tersebut memiliki waktu yang tepat untuk memprioritaskan hal-hal yang sulit, karena sebagian besar keputusan yang dibuat pada saat terakhir.
Jika dua individu diberikan beberapa kasus, satu dengan dominansi otak kanan dan yang lainnya dengan dominansi otak kiri, orang dengan dominansi otak kanan akan mulai bekerja tanpa melalui manual instruksi. Sedangkan individu dengan dominansi otak kiri akan melakukannya melalui manual, memahami konsep, baru kemudian menangani kasus tersebut.

disadur dari koran Herald Sun Australia.
http://www.news.com.au/heraldsun/story/0,21985,22556281-661,00.html:
Fungsi otak kiri
menggunakan logika
berorientasi pada detil
berdasar pada fakta
kata-kata dan bahasa
masa kini dan masa lalu
matematika dan sains
dapat memahami (can comprehend)
mengetahui
mengakui
berwawasan pada kerapian/susunan (order/pattern perception)
mengetahui nama obyek
berdasarkan pada kenyataan
membuat strategi
praktis
aman
Fungsi otak kanan
menggunakan perasaan
berorientasi pada hal pokok/garis besar
berdasar pada imajinasi
simbol dan gambar
masa kini dan masa depan
filosofi dan agama
dapat “mengerti” (can “get it” (i.e. meaning))
percaya
menghargai
berwawasan pada tata ruang (spatial perception)
mengetahui fungsi obyek
berdasarkan pada imajinasi/fantasi
menyajikan kemungkinan
nafsu
mengambil risiko
Dari sini terlihat dominasi penggunaan otak Anda, dan kecenderungan cara berfikir Anda. Bagaimanapun juga setiap manusia memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangannya.
Mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri membuat Anda lebih bijak mengarungi kehidupan.


Demikian pembahasan singkat mengenai Fungsi Otak Kanan dan Kiri yang bersedia belajar tuliskan, semoga bermanfaat (Lihat Postingan berikutnya)

Photobucket

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya. Sudi kiranya berkomentar lagi di posting saya berikutnya” – Salam > Bersediabelajar.

Daftar isi

Daftar Isi