Random Artikel

Memuat...

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Guru Dipusaran Covid 19

On 10.32


Munculnya virus Covid-19  akhir Desember 2019 lalu, yang kemudian mengejutkan seluruh dunia, tak terkecuali di institusi pendidikan, dampak yang ditimbulkan oleh Covid 19 ini meluluh-lantakan semua sistem yang normal yang telah dibangun selama ini. Sungguh ini kejadian yang sangat luar biasa, dan menurut penulis semenjak lahir sampai wabah ini terjadi, belum pernah dialami sebelumnya. Semua terkejut. Dan berespon untuk mencegah, menanggulangi serta mengantisipasinya.
           Walaupun demikian, hal ini membawa beragam hikmah khususnya bagi dunia pendidikan. Pembelajaran daring (secara online) yang jarang ataupun mungkin di sebagain institusi pendidikan, belum pernah dilakukan, sekarang melakukannya.
           Saya mengutip apa yang dikatakan pak Nadiem, Menteri Pendidikan kita berkaitan dengan hal ini: “Untuk pertama kali, guru-guru mengajar lewat online, menggunakan tools baru dan menyadari bahwa pembelajaran bisa terjadi di manapun," kata Nadiem dalam konferensi pers 'Belajar dari Covid-19' yang ditayangkan BNPB, Sabtu (2/5/2020). Selain itu, pak Nadiem mengatakan, masa-masa ini juga menyadarkan para orangtua siswa tentang peran seorang guru dalam mengajar. "Orangtua untuk pertama kalinya menyadari betapa sulitnya tugas guru, betapa sulitnya tantangan untuk bisa mengajar anak secara efektif dan menimbulkan empati kepada para guru yang mungkin sebelumnya belum ada," tutur Nadiem. Ia pun mengingatkan bahwa pendidikan yang efektif tak akan berhasil tanpa peran guru, orangtua, dan siswa itu sendiri. Nadiem menuturkan, guru, orangtua, dan siswa harus bekerja sama demi mencapai tujuan pendidikan yang efektif. "Guru, siswa, dan orangtua menyadari bahwa pendidikan bukan hanya hal yang dilakukan di sekolah. Pendidikan yang efektif membutuhkan kolaborasi efektif dari tiga pihak ini," ucapnya.(sumber:https://nasional.kompas.com/read/2020/05/02/17265601/mendikbud-krisis-covid-19-menyadarkan-bahwa-belajar-bisa-di-mana-saja)
Guru memiliki tugas yang mulia, karena guru adalah ujung tombak generasi dari tunas-tunas bangsa, gurulah yang pertama mengukir akan dijadikan apa generasi yang dipercayakan Tuhan kepadanya. Diperlukan selalu untuk kita terus menuangkan dan mengimplementasikan ide-ide pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan kepada anak-anak didik kita. Ijinkan saya kembali mengutip dari serang tokoh ilmuwan, Albert Einstein:” Seni tertinggi seorang guru adalah untuk membangkitkan kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan”.
Kebahagian seorang guru ketika melihat anak didiknya menerima pembelajaran dengan baik dan berhasil dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang ingin diraihnya. Tuhan Yang Maha Melihat perbuatan baik yang sudah dan sedang kita kerjakan untuk mencerdaskan anak bangsa, tentunya akan membalas dan memberkati setiap yang kita lakukan dengan hati yang tulus dan penuh pengabdian, amin.


Artikel terkait:



Salam,

Sukses Selalu




Photobucket

Bersedia Belajar

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

“Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya. Sudi kiranya berkomentar lagi di posting saya berikutnya” – Salam > Bersediabelajar.