}

9.05.2011

Software Penangkal Virus Ramnit

P
ernahkah Anda dipusingkan dengan ulah yang namanya virus Ramnit? Kalau belum, semoga tulisan dari pengalaman dan tips yang bersedia belajar tuangkan di sini dapat bermanfaat untuk berjaga-jaga. Di masa rentang liburan, komputer yang dipakai bersedia belajar ternyata sudah disusupi oleh virus yang bernama Ramnit. Setelah googling ke sana kemari, beberapa hari masih belum ketemu resep yang benar-benar memuaskan, karena beberapa memberikan tips dengan langkah-langkah yang agak ribet, ada juga saran lainnya adalah agar komputer diformat ulang, sampai akhirnya bersedia belajar menemukan solusi yang simple, senang sekali rasanya.
Nah sudah cukup "curhat" nya nih. Kita langsung aja kepada sasaran. Apa sih ciri-ciri komputer yang sudah terkena virus Ramnit atau Shortcut tersebut dan bagaimana mengatasinya?

Ciri-cirinya:
Virus ini banyak sekali menyerang komputer yang sering dimasuki flashdisk, karena media flashdisk adalah media yang paling digemari virus shortcut 1234 ramnit ini untuk menyebarkan dirinya. 

Ciri-ciri yang paling terlihat dari komputer yang sudah terinfeksi virus shortcut adalah Virus Shortcut 1234 Ramnit ini akan membuat File WATERMARK.EXE pada directory C:\Program Files\Microsoft dan juga padaC:\Program Files\Common Files\Microsoft, sedangkan di flashdisk virus tersebut akan membuat beberapa file shorcut dan file recycler serta file autorun.inf, berikutnya tambahan yang bersedia belajar dapatkan dari source detiknet.com:
1. komputer yang terkena virus ini saat di colok flasdisk muncul
Copy of Shortcut to (1).lnk
Copy of Shortcut to (2).lnk
Copy of Shortcut to (3).lnk
Copy of Shortcut to (4).lnk
Folder RECYCLER yang di dalamnya berisi banyak file-file dengan nama acak yang tak diketahui apa fungsinya. dan Autorun.inf
2. Virus akan membuat browser Internet Explorer menampilkan halaman yang berisi penawaran iklan, game, dan terkadang gambar porno dalam jumlah yang banyak secara terus menerus selama komputer terkoneksi internet.
3.Gejala selanjutnya adalah, icon removable media ((Lokal Disk(C:),(D:),(E),dst)) yang biasanya ber icon drive berubah menjadi icon folder. Setelah itu pengguna tidak dapat mengakses flashdisk tersebut dengan peringatan Access is denied. Dan terakhir muncul pula pesan Compressed (zipped) Folders pada saat mengklik drive tersebut.
4. Di pojok Kanan bawah layar monitor ada peringatan Low Disk Space atau peringatan bahwa HDD telah penuh. padahal capacity HDD masih banyak.
5. Induk virus ini ada di C:\Program file\microsoft dan C:\Program file\common file\microsoft dengan nama watermark.exe
6.Apabila virus ini telah menginfeksi sebuah file lalu file itu di hapus atau di uninstal. virus ini tidak benar2 hilang melainkan hanya tertidur.kemudian menginfeksi kembali sampai file itu dimasukan kembali kedalam komputer.
7. File yang di serang biasanya yang file .exe, .html dan .dll 
Kalau begitu bagaimana mengatasinya?


Vaksincom bekerjasama dengan programmer asal Jogja, Yayat membuatkan tools bertajuk Chanet Splitter II untuk menyelamatkan file htm dan html, jika mau unduh software tersebut bisa langsung menuju tkp situs tersebut atau dapat diunduh DI SINI

Catatan: untuk membersihkan file Exe/Dll yang sudah terinfeksi Ramnit, disarankan menggunakan Norman Ramnit Cleaner


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

“Terima Kasih Telah Memberikan Waktu dan Komentarnya. Sudi kiranya berkomentar lagi di posting saya berikutnya” – Salam > Bersediabelajar.

Daftar isi

Daftar Isi